Liburan Musim Dingin di Sapporo: Ishiya Chocolate Factory & Shiroi Koibito Park

Setelah dua tahun absen mengisi blog ini, akhirnya mulai punya semangat lagi untuk kembali!

Terakhir saya jalan-jalan itu akhir Desember 2018 hingga awal Januari 2019 – mengisi liburan Natal dan Tahun baru ke Jepang. Berencana untuk kembali ke Jepang di April 2020, tetapi pandemi (lagi-lagi, bosan juga rasanya mendengar istilah ini) memaksa saya untuk membatalkan tiket penerbangan dan rencana perjalanan. Gak rela sih sudah pasti, namun tidak ada jalan lain selain ikhlas dan pasrah, hahaha.

Pada postingan kali ini, saya ingin melunasi ‘hutang’ cerita tentang liburan musim dingin ke Sapporo (dan Tokyo). Bicara soal Sapporo – saya baca di beberapa situs berita bahwa situasi pandemi mengalami eskalasi di kota tersebut – karena cuaca yang lebih dingin dari kota-kota lainnya di Jepang. Jika kamu berencana ke Sapporo, semoga bisa terwujud di tahun depan ya! (saya pun ingin kembali kesana, hehehe)

26 Desember 2018 – penerbangan saya dimulai dari Jakarta, dengan Garuda Indonesia. Transit di Denpasar sekitar 3,5 jam dan kembali mengudara sekitar tengah malam WITA, menuju Narita. Setibanya di Narita, saya kembali bersiap untuk melanjutkan penerbangan domestik ke Chitose (bandara di kota Sapporo) dengan Vanilla Air (subsidiaries dari All Nippon Airways/ ANA yang melayani rute penerbangan domestik Jepang). Ketika mendarat di Narita, saya menyempatkan diri untuk berganti pakaian berlapis dan makan siang.

Karena letak geografisnya, suhu di Sapporo saat musim dingin sangat rendah dan memiliki potensi hujan salju yang cukup sering atau bahkan badai salju (destinasi ini sangat pas untuk kamu yang ingin melihat salju). Siapkan pakaian musim dingin yang cukup – termasuk kaus kaki dan sarung tangan jika diperlukan.

Setibanya di Sapporo, hari sudah sore menjelang malam. Saya hanya sempat jalan-jalan di sekitar Sapporo Station dan menikmati makan malam di sana. Seingat saya, ada tempat seperti pusat perbelanjaan dengan banyak toko dan restoran. Malam itu juga saya pertama kali melihat rintik hujan salju, hahaha (maaf, norak). Terbayar sudah keinginan saya untuk menikmati salju di liburan musim dingin ini.

Esok paginya, tempat wisata yang pertama saya kunjungi adalah Ishiya Chocolate Factory dan Shiroi Koibito Park – salah satu tourist spot yang wajib kamu kunjungi ketika bertandang ke Sapporo.

Ishiya Chocolate Factory didirikan oleh Isao Ishimizu, sebagai produsen cokelat dan penganan manis yang bernama Shiroi Koibito. Nama ini juga yang menjadi nama theme park mini yang dibangun dengan gaya dan nuansa Inggris. Mengutip dari Ohayo Jepang di Kompas.com, karena adanya peningkatan jumlah pengunjung, tempat ini pun berubah nama menjadi Shiroi Koibito Park dan mengalami beberapa kali renovasi area dan fasilitas.

Di tempat ini, pengunjung bisa melihat proses pembuatan cokelat, menikmati langsung produk akhir dan olahan cokelat, berbelanja beragam jenis cokelat (yang ini pasti paling disukai, nih) hingga menikmati suasana yang menyenangkan di taman Shiroi Koibito. Ketika saya berkunjung ke sana, saya hanya melihat taman yang kala itu bertemakan Natal dan melihat toko cokelatnya. Interiornya sangat unik dan suasana vintage-nya terasa sekali (saya tidak mengambil foto dalam toko karena sepertinya tidak diperbolehkan). Sayangnya juga, saya belum berkesempatan ikut tur pabrik cokelatnya karena masih dalam proses renovasi kala itu.

Area pintu masuk Shiroi Koibito Park
Suasana taman Shiroi Koibito yang berbalut salju tebal

Selain itu, saya juga mencicipi minuman cokelat panas dan es krim dengan bahan-bahan yang diproduksi oleh Ishiya Factory ini. Tentunya saya juga berbelanja beberapa penganan dan snack cokelat untuk oleh-oleh.

Oh ya, jika kamu tertarik untuk mengikuti tur di pabrik, melihat museum, dan mencicipi cokelatnya, simak dulu tarif yang tersedia untuk dewasa dan anak-anak di situs ini ya.

Setelah Ishiya Chocolate Factory, selanjutnya saya akan berbagi cerita tentang tourist spot di Sapporo yang juga wajib masuk dalam rencana perjalanan kamu: Otaru Canal.

Nantikan segera ya!

#SapporoSeries

Leave a comment