Mudahnya Aplikasi Visa Korea Selatan

Bulan Februari tinggal menghitung hari. Itu artinya perjalanan musim dingin saya ke Negeri Ginseng – alias Korea Selatan – juga semakin dekat! Ya, setelah menjelajahi Tokyo pada Mei tahun lalu, kali ini saya bersama dua orang sahabat akan menikmati kota Seoul, dan Busan, untuk merayakan kelulusan program Master sahabat saya. 🙂

sk-consular
Kantor Konsular Korea Selatan

Sama halnya seperti Jepang, saya membutuhkan visa untuk bisa masuk ke Korea Selatan. Seperti biasa, saya langsung melakukan riset di Internet untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa turis sekali masuk (single entry). Selain dokumen pendukung, saya juga harus mengisi formulir pendaftaran visa yang terdiri dari lima halaman, dengan isi yang mengandung dwibahasa (bahasa Inggris dan Korea). Untuk harga aplikasinya, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 544.000,-. Harga ini hampir 1.5 kali lipat dari visa Jepang. Oh ya, saya melakukan aplikasi secara mandiri dengan mendatangi langsung kantor konsular Korea Selatan. Kedutaan Korea Selatan berlokasi di Jalan Jend.Gatot Subroto No.57, persis sebelum RS Medistra. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor saya yang berlokasi di Menara Jamsostek. Selain dekat, saya jadi mengetahui langsung proses aplikasinya. Terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukan aplikasi visa, saran saya, paling cepat 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tidak butuh waktu lama untuk membuat visa Korea Selatan; hanya sekitar 3-5 hari kerja.

Sebelum membahas tentang cara mengisi formulirnya, berikut adalah dokumen-dokumen penting yang harus kamu siapkan:

  • Paspor Asli (dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsa)
  • Fotokopi paspor – pada halaman identitas dan halaman-halaman yang berisikan visa dan cap imigrasi
  • Kartu keluarga
  • Akta lahir
  • Surat Keterangan Kerja/Surat Sponsor dalam bahasa Inggris (bagi yang sudah bekerja). Bagi yang masih berstatus pelajar, dapat melampirkan surat keterangan resmi dari universitas. Surat ini berisikan pernyataan resmi bahwa kamu adalah benar karyawan dari perusahaan tersebut/mahasiswa dari universitas tersebut; dan pergi ke Korea Selatan hanya untuk liburan dalam periode waktu tertentu, dan setelahnya kamu akan kembali ke Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu tidak akan mencari nafkah atau menjadi imigran gelap di negara tersebut.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir. Bagi yang tidak atau belum bekerja, dapat melampirkan rekening koran dari pihak sponsor yang akan membiayai perjalanan ke Korea Selatan. Untuk mendapatkan rekening koran, kamu bisa mendatangi pihak teller dari rekening bank milikmu dan meminta mereka untuk mencetak rekening koran yang isinya transaksi perbankan selama 3 bulan terakhir. Bagi yang punya internet banking, terutama BCA, kamu juga bisa mencetak sendiri rekening koranmu.
  • Surat Referensi Bank. Sama halnya seperti surat keterangan kerja, surat referensi bank bertujuan untuk memberikan pernyataan resmi kepada kedutaan bahwa kamu adalah benar pemilik rekening tersebut dan memiliki jumlah tabungan yang cukup untuk berlibur di Korea Selatan. Pengalaman saya di BCA, tarif yang dikenakan untuk membuat surat ini adalah Rp 50.000,-. Sekedar catatan, tidak semua kantor cabang BCA melayani pembuatan surat ini dengan kondisi saldo tertentu. Waktu itu saya ke KCU BCA di Wisma Mulia – Gatot Subroto. Pihak teller  mengatakan untuk negara tujuan di Asia, saya harus memiliki saldo minimal Rp 30.000.000,- agar dapat mencetak surat di KCU tersebut. Saya cukup kaget karena berdasarkan tulisan blog beberapa orang yang pernah ke Korea, tidak dibutuhkan saldo sebanyak itu agar visa lolos. Akhirnya, saya pergi ke KCU asal, yaitu di Suryopranoto. Saat menunggu surat dicetak (hanya butuh waktu 15 menit!), saya menceritakan hal tersebut ke kepala cabang yang kebetulan sedang bertugas, dan beliau bahkan meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Beliau menjelaskan sebenarnya tidak aturan tertulis dan resmi terkait minimal saldo sebagai syarat untuk mengeluarkan surat referensi bank.
  • Fotokopi bukti potong pajak (SPT 21) bagi yang bekerja. Menurut saya, ini salah satu dokumen yang cukup menjadi kendala, terutama bagi mereka yang tidak bekerja di dalam sebuah PT, dan pajaknya diurus langsung oleh perusahaan. Apabila kamu tidak memiliki NPWP dan SPT ini, kamu harus membuat pernyataan resmi untuk menjelaskan hal tersebut.
  • Slip gaji 3 bulan terakhir.
  • Foto dengan latar belakang warna putih berukuran 3.5cm x 4.5cm, sebanyak 2 lembar. Saya sangat menyarankan kamu untuk mencari studio foto yang memang melayani foto khusus visa. Salah satunya di jalan Sabang, Thamrin, Jakarta Pusat.
  • Fotokopi tiket pesawat dan reservasi penginapan.
  • Formulir aplikasi. Formulir ini dapat kamu unduh dan cetak melalui laman: http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/main/index.jsp  (cari di bagian menu Konsulat/Visa. Formulir ini ditulis dalam Bahasa Korea atau Inggris, dan menggunakan huruf balok (kalau saya menggunakan huruf balok dan kapital semua supaya jelas, hehehe). 
sk-visa-form
Formulir aplikasi visa Korea Selatan

Semua dokumen pendukung sudah siap? Kini saatnya kamu mengisi formulir aplikasi visanya ya! Tidak terlalu sulit, tetapi harus teliti saat mencantumkan informasi dalam formulir ini. Yuk, kita bahas satu per satu ya

1. Personal Details vk-no-1Pada bagian ini, tuliskan nama lengkapmu; jenis kelamin, tanggal lahir, kewarganegaraan, negara asal, dan nomor KTP. Untuk bagian yang terdiri atas pilihan, silakan isi dengan tanda centang, ya. Poin 1.2 dikosongkan saja karena tidak ada keterangan dalam Bahasa Inggris (mungkin untuk keperluan kedutaan). Pada bagian ini, tempelkan pas foto milikmu pada kolom yang disediakan.

2. Details of Visa Issuance – bagian ini tidak perlu diisi apabila kamu baru pertama kali melakukan aplikasi visa Korea.

3. Passport Informationvk-no-3

Cantumkan informasi yang ada di dalam paspor kamu. Untuk paspor biasa, beri tanda centang pada kolom ‘Regular’.

4. Contact Informationvk-no-4

Cantumkan secara lengkap data diri kamu, ya. Untuk bagian emergency contact, kamu bisa masukkan nama siapapun yang dapat dihubungi saat (amit-amit) ada kondisi darurat yang menimpa dirimu. Sedikit tips, gunakan huruf balok yang agak kecil supaya kamu bisa menulis informasi secara lengkap tanpa harus kekurangan ruang di dalam formulir tersebut.

5. Marital Status Detailsvk-no-5

Kalau kamu belum menikah, silakan centang pada bagian ‘Never Married’.

6. Education

vk-no-6

Ketika saya membuat tulisan ini, saya baru menyadari kalau nama sekolah/universitas dan lokasinya harus dicantumkan apabila saya memberi tanda centang pada kolom ‘Other’. Padahal, saya mencentang kolom ‘Bacherlor’s Degree’, hahaha. Tetapi ternyata tidak bermasalah dan aplikasi visa juga disetujui. 🙂

7. Employment

vk-no-7

Sama seperti bagian ‘Education’, pada bagian ini saya juga mengisi lengkap poin 7.2, meski saya tidak memilih ‘Other’. My bad.

8. Details of Sponsor

vk-no-8

Apabila perjalanan kamu ke Korea dibiayai sepenuhnya oleh pihak atau institusi lain, maka kamu wajib mencantumkan data diri atau identitas asli dari sponsor kamu. Jika perjalanan kamu adalah self-funded, centang ‘No’ pada poin 8.1.

9. Details of Visitvk-no-9

vk-no-9-2

Paparkan secara detail tentang rencana perjalananmu ke Korea, termasuk alamat akomodasi dan nomor kontak selama di Korea. Selain itu, cantumkan juga keterangan tentang negara-negara apa saja yang pernah kamu kunjungi dalam 5 taun terakhir ya.

10. Funding Detailsvk-no-10

Menurut saya, ini adalah bagian yang cukup penting dan perlu diperhatikan. Berbeda dengan Jepang yang mewajibkan kamu menjelaskan jadwal perjalanan, visa Korea membutuhkan informasi tentang pekiraan biaya yang akan kamu habiskan selama melancong di negara tersebut. Belajar dari hasil riset dan diskusi dengan sahabat saya di Korea, kita asumsikan pengeluaran kamu selama satu hari jalan-jalan di Korea adalah Rp1.000.000,-, atau sekitar USD 100. Tidak perlu mengikutsertakan biaya tiket pesawat dan akomodasi pada poin 10.1; cukup on-ground cost  saja.

11. Assistance with This Form

vk-no-11

Apabila ada pihak lain yang membantu kamu untuk mengisi formulir ini, silakan isi data diri orang tersebut.

12. Declarationvk-no-12

Sudah yakin dengan semua informasi yang kamu tulis? Pada bagian ini, cantumkan tanda tanganmu sebagai bentuk persetujuan dengan ketentuan dan kondisi yang berlaku. Saran saya, tandatanganilah formulir ini pada hari dimana kamu akan memasukkan aplikasi visa Korea ke konsular.

Pengajuan aplikasi visa tersedia dari hari Senin-Jumat, pukul 09.00~11.3o. Sedangkan untuk pengambilan visa baru dibuka pukul 14.00~16.00. Jangan terlambat – karena antrian cukup panjang. Tetapi jangan pula datang terlalu awal, karena pintu kantor konsular belum dibuka, hehehe. 

Setelah kamu mengajukan aplikasi visa, kamu akan diberikan bukti pembayaran dan juga informasi tanggal perkiraan kapan visa kamu akan dikeluarkan. Nah, petugas konsular akan meminta kamu untuk mengecek status aplikasi visa via website terlebih dahulu sebelum datang ke kedutaan. Waktu itu saya memasukkan aplikasi pada tanggal 16 Januari, dengan perkiraan tanggal 20 Januari visa sudah bisa diambil. Pada tanggal 18 Januari saya melakukan pengecekkan via website, dan ternyata status visa saya sudah approved! Meski demikian, saya baru bisa mengambil paspor dan visa Korea pada tanggal 20 Januari, seperti yang tertulis dalam bukti pembayaran.

visa
Penampakan visa Korea

Visa sudah selesai, saatnya mulai berbelanja! Saya tidak sabar untuk segera berburu baju hangat, knitwear, dan aksesoris musim dingin lainnya. Kira-kira apa saja ya outfit yang saya pilih untuk liburan musim dingin nanti? 🙂

More blogs to come!

xx.

 

 

Advertisements

126 thoughts on “Mudahnya Aplikasi Visa Korea Selatan

    1. NPWP milik sponsor saja ya yang dilampirkan. Pada kolom employment dipilih saja opsi yang paling sesuai dengan status kamu sekarang – jangan dikosongkan. Menurutku, tidak perlu surat keterangan kerja sih. Kalau kamu masih merasa kurang yakin, aku sarankan untuk kontak langsung ke kedutaan ya. 🙂

      Like

  1. Satu lagi ya, Win..

    >> Untuk pengisian nomor 7 (Employment) di form visa, lebih baik aku kosongin atau gimana?
    >> Menurut kamu cantumin surat keterangan kerja juga nggak?

    Terima kasiiiih 🙂

    Like

    1. Hi Santi, kalau aturan secara tertulis sih tidak ada, tapi kamu bisa melakukan perhitungan pribadi untuk menilai apakah tabungan kamu cukup untuk expense selama di Korea.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s