Mudahnya Aplikasi Visa Korea Selatan

Bulan Februari tinggal menghitung hari. Itu artinya perjalanan musim dingin saya ke Negeri Ginseng – alias Korea Selatan – juga semakin dekat! Ya, setelah menjelajahi Tokyo pada Mei tahun lalu, kali ini saya bersama dua orang sahabat akan menikmati kota Seoul, dan Busan, untuk merayakan kelulusan program Master sahabat saya. 🙂

sk-consular
Kantor Konsular Korea Selatan

Sama halnya seperti Jepang, saya membutuhkan visa untuk bisa masuk ke Korea Selatan. Seperti biasa, saya langsung melakukan riset di Internet untuk mengetahui dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mendapatkan visa turis sekali masuk (single entry). Selain dokumen pendukung, saya juga harus mengisi formulir pendaftaran visa yang terdiri dari lima halaman, dengan isi yang mengandung dwibahasa (bahasa Inggris dan Korea). Untuk harga aplikasinya, kamu harus menyiapkan dana sebesar Rp 544.000,-. Harga ini hampir 1.5 kali lipat dari visa Jepang. Oh ya, saya melakukan aplikasi secara mandiri dengan mendatangi langsung kantor konsular Korea Selatan. Kedutaan Korea Selatan berlokasi di Jalan Jend.Gatot Subroto No.57, persis sebelum RS Medistra. Kebetulan lokasinya dekat dengan kantor saya yang berlokasi di Menara Jamsostek. Selain dekat, saya jadi mengetahui langsung proses aplikasinya. Terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukan aplikasi visa, saran saya, paling cepat 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan. Tidak butuh waktu lama untuk membuat visa Korea Selatan; hanya sekitar 3-5 hari kerja.

Sebelum membahas tentang cara mengisi formulirnya, berikut adalah dokumen-dokumen penting yang harus kamu siapkan:

  • Paspor Asli (dengan masa berlaku minimal 6 bulan sebelum tanggal kadaluarsa)
  • Fotokopi paspor – pada halaman identitas dan halaman-halaman yang berisikan visa dan cap imigrasi
  • Kartu keluarga
  • Akta lahir
  • Surat Keterangan Kerja/Surat Sponsor dalam bahasa Inggris (bagi yang sudah bekerja). Bagi yang masih berstatus pelajar, dapat melampirkan surat keterangan resmi dari universitas. Surat ini berisikan pernyataan resmi bahwa kamu adalah benar karyawan dari perusahaan tersebut/mahasiswa dari universitas tersebut; dan pergi ke Korea Selatan hanya untuk liburan dalam periode waktu tertentu, dan setelahnya kamu akan kembali ke Indonesia. Hal ini bertujuan untuk meyakinkan pihak kedutaan bahwa kamu tidak akan mencari nafkah atau menjadi imigran gelap di negara tersebut.
  • Rekening koran 3 bulan terakhir. Bagi yang tidak atau belum bekerja, dapat melampirkan rekening koran dari pihak sponsor yang akan membiayai perjalanan ke Korea Selatan. Untuk mendapatkan rekening koran, kamu bisa mendatangi pihak teller dari rekening bank milikmu dan meminta mereka untuk mencetak rekening koran yang isinya transaksi perbankan selama 3 bulan terakhir. Bagi yang punya internet banking, terutama BCA, kamu juga bisa mencetak sendiri rekening koranmu.
  • Surat Referensi Bank. Sama halnya seperti surat keterangan kerja, surat referensi bank bertujuan untuk memberikan pernyataan resmi kepada kedutaan bahwa kamu adalah benar pemilik rekening tersebut dan memiliki jumlah tabungan yang cukup untuk berlibur di Korea Selatan. Pengalaman saya di BCA, tarif yang dikenakan untuk membuat surat ini adalah Rp 50.000,-. Sekedar catatan, tidak semua kantor cabang BCA melayani pembuatan surat ini dengan kondisi saldo tertentu. Waktu itu saya ke KCU BCA di Wisma Mulia – Gatot Subroto. Pihak teller  mengatakan untuk negara tujuan di Asia, saya harus memiliki saldo minimal Rp 30.000.000,- agar dapat mencetak surat di KCU tersebut. Saya cukup kaget karena berdasarkan tulisan blog beberapa orang yang pernah ke Korea, tidak dibutuhkan saldo sebanyak itu agar visa lolos. Akhirnya, saya pergi ke KCU asal, yaitu di Suryopranoto. Saat menunggu surat dicetak (hanya butuh waktu 15 menit!), saya menceritakan hal tersebut ke kepala cabang yang kebetulan sedang bertugas, dan beliau bahkan meminta maaf atas ketidaknyamanan tersebut. Beliau menjelaskan sebenarnya tidak aturan tertulis dan resmi terkait minimal saldo sebagai syarat untuk mengeluarkan surat referensi bank.
  • Fotokopi bukti potong pajak (SPT 21) bagi yang bekerja. Menurut saya, ini salah satu dokumen yang cukup menjadi kendala, terutama bagi mereka yang tidak bekerja di dalam sebuah PT, dan pajaknya diurus langsung oleh perusahaan. Apabila kamu tidak memiliki NPWP dan SPT ini, kamu harus membuat pernyataan resmi untuk menjelaskan hal tersebut.
  • Slip gaji 3 bulan terakhir.
  • Foto dengan latar belakang warna putih berukuran 3.5cm x 4.5cm, sebanyak 2 lembar. Saya sangat menyarankan kamu untuk mencari studio foto yang memang melayani foto khusus visa. Salah satunya di jalan Sabang, Thamrin, Jakarta Pusat.
  • Fotokopi tiket pesawat dan reservasi penginapan.
  • Formulir aplikasi. Formulir ini dapat kamu unduh dan cetak melalui laman: http://idn.mofa.go.kr/worldlanguage/asia/idn/main/index.jsp  (cari di bagian menu Konsulat/Visa. Formulir ini ditulis dalam Bahasa Korea atau Inggris, dan menggunakan huruf balok (kalau saya menggunakan huruf balok dan kapital semua supaya jelas, hehehe). 
sk-visa-form
Formulir aplikasi visa Korea Selatan

Semua dokumen pendukung sudah siap? Kini saatnya kamu mengisi formulir aplikasi visanya ya! Tidak terlalu sulit, tetapi harus teliti saat mencantumkan informasi dalam formulir ini. Yuk, kita bahas satu per satu ya

1. Personal Details vk-no-1Pada bagian ini, tuliskan nama lengkapmu; jenis kelamin, tanggal lahir, kewarganegaraan, negara asal, dan nomor KTP. Untuk bagian yang terdiri atas pilihan, silakan isi dengan tanda centang, ya. Poin 1.2 dikosongkan saja karena tidak ada keterangan dalam Bahasa Inggris (mungkin untuk keperluan kedutaan). Pada bagian ini, tempelkan pas foto milikmu pada kolom yang disediakan.

2. Details of Visa Issuance – bagian ini tidak perlu diisi apabila kamu baru pertama kali melakukan aplikasi visa Korea.

3. Passport Informationvk-no-3

Cantumkan informasi yang ada di dalam paspor kamu. Untuk paspor biasa, beri tanda centang pada kolom ‘Regular’.

4. Contact Informationvk-no-4

Cantumkan secara lengkap data diri kamu, ya. Untuk bagian emergency contact, kamu bisa masukkan nama siapapun yang dapat dihubungi saat (amit-amit) ada kondisi darurat yang menimpa dirimu. Sedikit tips, gunakan huruf balok yang agak kecil supaya kamu bisa menulis informasi secara lengkap tanpa harus kekurangan ruang di dalam formulir tersebut.

5. Marital Status Detailsvk-no-5

Kalau kamu belum menikah, silakan centang pada bagian ‘Never Married’.

6. Education

vk-no-6

Ketika saya membuat tulisan ini, saya baru menyadari kalau nama sekolah/universitas dan lokasinya harus dicantumkan apabila saya memberi tanda centang pada kolom ‘Other’. Padahal, saya mencentang kolom ‘Bacherlor’s Degree’, hahaha. Tetapi ternyata tidak bermasalah dan aplikasi visa juga disetujui. 🙂

7. Employment

vk-no-7

Sama seperti bagian ‘Education’, pada bagian ini saya juga mengisi lengkap poin 7.2, meski saya tidak memilih ‘Other’. My bad.

8. Details of Sponsor

vk-no-8

Apabila perjalanan kamu ke Korea dibiayai sepenuhnya oleh pihak atau institusi lain, maka kamu wajib mencantumkan data diri atau identitas asli dari sponsor kamu. Jika perjalanan kamu adalah self-funded, centang ‘No’ pada poin 8.1.

9. Details of Visitvk-no-9

vk-no-9-2

Paparkan secara detail tentang rencana perjalananmu ke Korea, termasuk alamat akomodasi dan nomor kontak selama di Korea. Selain itu, cantumkan juga keterangan tentang negara-negara apa saja yang pernah kamu kunjungi dalam 5 taun terakhir ya.

10. Funding Detailsvk-no-10

Menurut saya, ini adalah bagian yang cukup penting dan perlu diperhatikan. Berbeda dengan Jepang yang mewajibkan kamu menjelaskan jadwal perjalanan, visa Korea membutuhkan informasi tentang pekiraan biaya yang akan kamu habiskan selama melancong di negara tersebut. Belajar dari hasil riset dan diskusi dengan sahabat saya di Korea, kita asumsikan pengeluaran kamu selama satu hari jalan-jalan di Korea adalah Rp1.000.000,-, atau sekitar USD 100. Tidak perlu mengikutsertakan biaya tiket pesawat dan akomodasi pada poin 10.1; cukup on-ground cost  saja.

11. Assistance with This Form

vk-no-11

Apabila ada pihak lain yang membantu kamu untuk mengisi formulir ini, silakan isi data diri orang tersebut.

12. Declarationvk-no-12

Sudah yakin dengan semua informasi yang kamu tulis? Pada bagian ini, cantumkan tanda tanganmu sebagai bentuk persetujuan dengan ketentuan dan kondisi yang berlaku. Saran saya, tandatanganilah formulir ini pada hari dimana kamu akan memasukkan aplikasi visa Korea ke konsular.

Pengajuan aplikasi visa tersedia dari hari Senin-Jumat, pukul 09.00~11.3o. Sedangkan untuk pengambilan visa baru dibuka pukul 14.00~16.00. Jangan terlambat – karena antrian cukup panjang. Tetapi jangan pula datang terlalu awal, karena pintu kantor konsular belum dibuka, hehehe. 

Setelah kamu mengajukan aplikasi visa, kamu akan diberikan bukti pembayaran dan juga informasi tanggal perkiraan kapan visa kamu akan dikeluarkan. Nah, petugas konsular akan meminta kamu untuk mengecek status aplikasi visa via website terlebih dahulu sebelum datang ke kedutaan. Waktu itu saya memasukkan aplikasi pada tanggal 16 Januari, dengan perkiraan tanggal 20 Januari visa sudah bisa diambil. Pada tanggal 18 Januari saya melakukan pengecekkan via website, dan ternyata status visa saya sudah approved! Meski demikian, saya baru bisa mengambil paspor dan visa Korea pada tanggal 20 Januari, seperti yang tertulis dalam bukti pembayaran.

visa
Penampakan visa Korea

Visa sudah selesai, saatnya mulai berbelanja! Saya tidak sabar untuk segera berburu baju hangat, knitwear, dan aksesoris musim dingin lainnya. Kira-kira apa saja ya outfit yang saya pilih untuk liburan musim dingin nanti? 🙂

More blogs to come!

xx.

 

 

213 thoughts on “Mudahnya Aplikasi Visa Korea Selatan

  1. Hi Wina, terima kasih sudah menjelasakan mengenai Visa Korea, sangat membantu sekali.

    Pertanyaan:
    1. Sekarang aku bekerja hanya sebagai “Back Up” assistant saja, tp beberapa bulan belakangan ini sudah mulai rutin sesuai jadwal sebenarnya (walaupun masih berstatus Back Up) Nah, aku ingin menyiapkan surat keterangan kerja dari tempat ini ( dalam surat ini apakah mesti dijelaskan biaya liburan ini dari sponsor atau gimana?), dan aku juga menyiapkan surat sponsor (Orang Tua) untuk keperluan syarat pendukung Visa dikarenakan tabungan di saldo sepertinya tidak cukup untuk syarat selama 8 hari disana. Gimana menurut kamu?

    2. Aku juga sudah mempunyai NPWP dari tahun 2015 dari kantor lama, tapi aku nggak punya penghasilan perbulan (seperti karyawan) karena semenjak aku habis kontrak, kebanyakan freelance, sampai awal tahun 2017 baru rutin sebagai Back Up assistant, apakah aku mesti melampirkan NPWP atau tidak? karena tidak punya SPT PPH 21. Untuk jaga2 aku sudah meminjam SPT PPH 21 orang tua, dan rekening koran – surat referensi bank (sponsor).

    Mohon pencerahannya, terima kasih ya Wina..

    Like

    1. Hi Ditha, biasanya kalau sudah bekerja, akan diasumsikan bahwa kamu bisa membiayai perjalananmu sendiri tanpa sponsor. Saranku, kalau memang perjalanan ini fully sponsored, maka gunakan dokumen2 referensi semua dari sponsor, seperti SPT dan rekening koran. Semoga membantu ya

      Like

  2. halo! terima kasih banyak sudah membuat post yang detil dan sangat useful ini. however, ada yg saya ingin tanyakan. kalau saya pergi bersama ibu saya dan saya yg membiayainya, berarti saya harus buat surat sponsor utk ibu saya dan di aplikasi visa ibu saya utk poin 8 (sponsor details) diisi identitas saya? terima kasih ya.

    Like

    1. NPWP milik sponsor saja ya yang dilampirkan. Pada kolom employment dipilih saja opsi yang paling sesuai dengan status kamu sekarang – jangan dikosongkan. Menurutku, tidak perlu surat keterangan kerja sih. Kalau kamu masih merasa kurang yakin, aku sarankan untuk kontak langsung ke kedutaan ya. 🙂

      Like

  3. Satu lagi ya, Win..

    >> Untuk pengisian nomor 7 (Employment) di form visa, lebih baik aku kosongin atau gimana?
    >> Menurut kamu cantumin surat keterangan kerja juga nggak?

    Terima kasiiiih 🙂

    Like

    1. Hi Santi, kalau aturan secara tertulis sih tidak ada, tapi kamu bisa melakukan perhitungan pribadi untuk menilai apakah tabungan kamu cukup untuk expense selama di Korea.

      Like

    1. Halo Diana, mengenai spt dan dokumen lain, silakan kamu cek ke kedutaan Korea Selatan di negara tempat kamu bekerja ya. Karena yang aku paparkan dalam tulisan ini adalah persyaratan yang diminta oleh Kedubes Korea di Indonesia.

      Like

  4. Terima kasih ini sangat membantu. Saya punya pertnyaan mba. Klo saya tidak gak pake sponsor apakah ada nominal tertentu yg harus tersedia di bank acc saya? Dan kalau saya pilih opsi sponsor, apakah nominal yg sama juga harus ada d bank acc sponsor saya?? Mohon bantuannya, terima kasih…

    Like

    1. Hi Ega, kalau tidak pakai sponsor, sebenarnya tidak ada aturan jumlah tertentu pada bank account – pastikan saja bahwa jumlah saving yang kamu punya cukup untuk membiayai perjalanan ke Korea. Kalau kamu disponsori pastikan juga saving sponsor kamu memiliki jumlah yang cukup untuk membiayai perjalanan kamu

      Like

  5. rekening koran 3 bulan trakhir maksudnya gimana yah? kalau misal saya ajukan di pertengahan okt…apa rekening korannya bulan 8,9,10 atau 7,8,9 ?

    Like

    1. Hi Hilda, maksudnya adalah 3 bulan sebelum waktu pengajuan visa. Misalnya kamu mau apply di bulan Oktober, maka periode rekening koran yang harus dilampirkan adalah Juli, Agustus, September.

      Like

  6. Selamat siang..
    sepertinya, hanya 30 days ya, masa berlaku visa Korea nya?
    Berarti, kalau akan pergi di akhir Desember 2017, apply visa Korea nya, baru boleh di awal Desember 2017 ya?

    Mohon bantuan jawabannya. Thanks.

    Like

      1. Hi wina, ini sy mau brkt ke korea awal dec 2017, utk masa berlaku paspor, yg betul min 6bln sblm atau 8bln sebelum ya? Paspor sy mepet jg nih, d bulan dec 2017 masa berlaku sisa 8bln lg. Apa mending perpanjang? Lalu utk lokasi pembuatan foto di jakarta foto bukan ya? Thanks yaa info nya sangat bermanfaat 😊

        Like

      2. Hi Silvie, kalau per December masih berlaku 8 bulan, harusnya masih oke sih menurutku. Supaya lebih yakin, bisa cek ke imigrasi ya. Maksudnya untuk pas foto ya? Itu bisa dimana saja kok, yang penting sesuai kriteria.

        Like

  7. Hi ka,aku ada rencana nih buat ke korea. cuma agak was was sama visanya sih.
    kemungkinan visa ditolak itu apa aja ya ka ? kan sayang aja gitu kalau udah booking travel dan tiket pesawat tapi pas apply visa ditolak dan akhirnya wassalam. gaji aku ga terlalu besar sih tapi saldo tabungan aku diatas 20jt (karna aku emang niat mau ke korea) so, apakah kedutaan korea bakalan ngeliat dari sisi itu juga atau enggak ya ? karna banyak kasus yang aku baca di internet juga banyak yang ditolak visanya tanpa alasan jelas jadi agak takut gitu.
    thanks ka infonya 🙂

    Like

    1. Hi Tami, kalau untuk surat keterangan kerja, mohon maaf saya tidak bisa share karena softcopy nya dibuat dan dipegang oleh kantor. Tapi isinya sangat simple kok, hanya menyatakan nama dan personal data karyawan, dan statement bahwa orang ini adalah benar employee dari perusahaan terkait dan akan kembali bekerja di perusahaan tersebut sekembalinya dari Korea Selatan, dan bahwa karyawan tersebut tidak akan mencari pekerjaan disana.

      Like

      1. Okesip..makasih info nya mbak.
        Oh ya sedikit tanya lagi..untuk pengurusan visa..bisa di wakilkan kan ya?
        Case nya gini, saya sama adik saya berdua mau urus visa, tapi yg datang ke kedubes itu adik saya saja buat antar berkasnya, gag masalah ya berarti kalo saya tidak datang tapu hanya adik saya?

        Like

  8. Harusnya tidak masalah 🙂 yang penting berkas-berkas kamu dan adikmu sudah lengkap, sesuai yang diminta pihak kedutaan. Kecuali saat pengambilan visa, sepengetahuan saya, tidak bisa diwakilkan.

    Like

    1. Halo, Mia. Pada bagian 10.1, cantumkan jumlah pengeluaran kamu selama di Korea (estimasi saja) dalam mata uang USD. Kemudian pada 10.2, kalau kamu pakai biaya sendiri (tidak dibiayai pihak lain), cantumkan nama kamu sendiri pada kolom Name of Person, relationship to you diisi ‘self’, type of support diisi self-funding, dan terakhir cantumkan nomor hp kamu, diawali dengan kode negara (+62). Itu saran dari aku ya, kamu bisa cari referensi lain jika ada yang kurang yakin, atau bisa menghubungi langsung kedutaan Korea.

      Like

  9. hi, kl saya ajak ibu saya yg sudah tua untuk travel ke Korea karena saya dpt kesempatan / fasilitas tsb dari suatu bank, kira2 data2 ibu saya gmn ya untuk rekekning koran bank, dll…tapi ibu saya pernah naik haji sebelomnya . tks

    Like

    1. Hi Soni, menurut saya, lampirkan saja surat pernyataan resmi dan bermaterai bahwa perjalanan Ibu kamu disponsori oleh pihak lain. Utk dokumen pendukung lainnya, bisa dilampirkan paspor, KK, KTP, dst.

      Like

  10. Hi mbak Wina, sy lihat persyaratan di kedutaan Korea skrg ini, koq ada persyaratn Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) , ini gmn ya , krn sy ga ngerti nih…, apakah kalo ga ada Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) visa saya akan ditolak ? kalau urusan rekening koran bank sih no problem dan tiket pun PP sdh ada.. tks

    Like

    1. Kalau perjalanan kamu dan ibumu sepenuhnya disponsori oleh pihak lain, maka bisa dilampirkan saja surat pernyataan dari sponsornya. Kalau sponsornya individu, baru sertakan SPT. Kalau sponsornya adalah organisasi, setau saya bisa lampirkan surat lain yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Jika kurang yakin, saran saya silakan Soni kontak ke kedubes ya.

      Like

  11. HI Wina,

    Thank you buat semua infonya, bermanfaat sekali.
    ada 1 pertanyaan nih untuk section 10.2 itu perlu diisi ya? yang menanggug biaya saya sendiri apa saya harus mengisi data lengkap saya di section 10.2 itu ya?
    Trims buat jawaban dan masukannya 🙂
    Salam

    Like

  12. Hi Ka Wina,

    Terima kasih banyak guidance nya.
    Saya ikutan sedikit sharing ya mengenai persyaratan untuk melampirkan SPT 🙂

    Untuk SPT, idealnya memang melampirkan bukti potong yang dikeluarkan oleh Perusahaan tempat bekerja. Namun jika kesulitan untuk melampirkan lembar ini (misal hilang dan sudah pindah bekerja atau HRD kurang kooperatif), bisa di-substitute dengan melampirkan bukti penyampaian SPT serta screen capture laporan 1770 dari situs e-Filing DirJen Pajak.

    Hal di atas sempat menjadi kekhawatiran saya saat mengajukan permohonan visa, namun ternyata visanya disetujui. Jadi saya rasa cara ini cukup valid. Mungkin ada teman-teman yang juga mengalami hal serupa, semoga bisa membantu ya..

    Oya, satu hal lagi mengenai Surat Keterangan Bekerja. Kebetulan yang saya lampirkan adalah surat berbahasa Indonesia (dan tetap lolos). Jadi jika (lagi-lagi) HRD kurang kooperatif untuk mem-provide kebutuhan persyaratan visa ini, jangan patah semangat!

    Cheers,

    Like

  13. Halo,
    Akta lahir dan KK cukup fotokopinya saja kan ya ?? Apa harus tunjukkan aslinya juga pas kasih dokumen ?
    Dan untuk rekening koran kalau berupa print mutasi dari internet banking yang ada kop surat BCA-nya valid ngga ya ??

    Like

  14. Mba mau tanya kalo SPT tahunan itu harus ke kantor pajak dahulu atau minta ke kantor tempat bekerja? dan kalau semisalnya tanpa SPT apakah boleh ? Trima kasih

    Like

  15. Hi Wina,

    Mau tanya, kalau saya tinggal di luar kota (di bali) apakah saya harus ke JKT sndiri untuk drop semua form atau bisa di wakili?

    thank you

    Like

    1. Hi Golda, kalau ada konsulat Korea Selatan yang di Bali, kamu bisa ke kantor disana. Tapi kalau tidak ada, setau saya bisa diwakilkan untuk drop semua form ke Jakarta. Siapkan saja surat kuasa untuk yang ditugaskan. Alternatif lain adalah menggunakan jasa travel agent 🙂

      Like

  16. halo kak. saya kan mahasiswa, nah sponsorship nya orang tua. ayah saya ga punya SPT 21 tp punya NPWP sama surat pajak bangunan apakah bisa melampirkan itu aja? atau mesti buat surat pernyataan juga kalo ga punya SPT?
    makasih sebelumnya kak

    Like

  17. Hai Wina .. makasi Udah share info nya bermanfaat sekali. Ada yg mau Aku Tanya masalah foto.. Aku Udah bikin foto untuk anakku Tapi Aku lupa mereka ga pakai Baju berkerah.. itu boleh ga si ? 😁 Makasii sebelumnya yaaa .. 🙏🏻☺️

    Like

  18. harus ksh fcreservasi hotel misalnya kita ke sana tinggalnya di guest house atau tmn yg tinggal di sana bagaimana ??
    tiket pesawat jg, misal tidak app kan tidak bisa brkt ?
    maaf ini baru 1x mau cba ke korsel. thx

    Like

    1. Hi, kalau kamu apply visa jenisnya adalah untuk tujuan wisata dan biaya sendiri, maka harusnya kamu bisa melampirkan bukti reservasi hotel/guest house/Air BnB. Kalau kamu tinggal di rumah teman/saudara, maka jenis visa yang kamu pilih harusnya adalah visa kunjungan ke keluarga/teman, yang artinya kamu harus melampirkan surat undangan dari orang tersebut.

      Yes, copy/print out tiket pesawat itu juga harus dilampirkan sebagai bukti bahwa kamu benar akan berangkat. Kalau visa tidak approve saat apply pertama, maka applicant harus apply visa lagi dan melengkapi hal yang kurang. Bukan berarti tidak bisa berangkat. 🙂

      Like

  19. Wina, Aku mau Tanya sekali lagi nih hehe.. di paspor Aku kan ada penambahan 3 suku Kata krn waktu itu utk keperluan umroh Kita harus 3 suku Kata namanya. Nah kl mau apply visa, sebaiknya nama Aku yg ada di halaman paling depan itu, atau Sekalian yg sudah ada penambahan Kata ya ? Soalnya ada yg bilang gpp pake nama asli yg ada di halaman depan, tapi ada jg yg blg pake nama yg sudah ada penambahan Kata. Makasi yah wina.. 😁🙏🏻

    Like

    1. Hi Ayu, kalau menurutku sih baiknya gunakan nama yang tertera pada paspor saja, karena paspor menjadi identitas utama kita saat berada di luar negeri 🙂 Kalau kamu kurang yakin, bisa kontak langsung ke kedutaan ya.

      Like

  20. Kak. Sy mau tanya..
    Sy dan rekan kerja sy per 2 org, mengunakan Surat sponsor dr perusahaan yg sama utk pengajuaan visa korea, mnrt kkak gmn ya???

    Like

  21. Halo kak! Mau nanya, kalo belum kerja dan belum punya atm gimana ya? Tapi aku juga ga kuliah, surat – surat yg di bawa jadi apa aja dong?

    Like

    1. Hi Abi, lampirkan saja surat sponsor dari orang tua yah, untuk menyatakan bahwa perjalanan kamu ini dibiayai oleh pihak lain (bukan self-funding). Kalau kamu kurang yakin dengan prosedur aplikasinya, bisa menggunakan jasa travel agent ya.

      Like

  22. Hello Mba Wina, Saya sudah telp ke embassy mengenai tidak ada SPT21, dan katanya bisa melampirkan surat pernyataan. Di surat itu nanti Saya tulis pergi untuk holiday, nah perlu ditulis nga kalau liburan nya diundang oleh temen (temen korea)?
    Terima Kasih..

    Like

    1. Halo, kalo menurut saya, baiknya tidak perlu tulis diundang teman. Tulis saja kalau kamu pergi liburan dengan biaya sendiri. Kalau kamu tulis diundang teman, maka kamu harus menyertakan surat undangan nya. Supaya lebih simple aja 🙂

      Like

  23. Untuk limit di Bank acc kita kira2 harus berapa ya?
    Dan untuk ticket pesawat apa memang harus dilampirkan? Karena rada takut kalo sudah booking ticket pesawat tetapi visa ditolak. karna tidak bs refund kan kl ticket pesawat.

    Thank you

    Like

  24. Hallo mba wina,
    mba mau tanya donk mengenai itinerary. kalau perjalanan dibiayai sponsor, perlu nggak ya bikin itinerary buat di lampirkan saat apply visa?

    Like

    1. Halo, coba kamu cek apakah itinerary ini wajib disertakan ya. Kalau wajib atau menjadi salah satu syarat, baiknya dilampirkan ya, regardless perjalanan nya dibiayai siapa. Toh meski disponsori oleh pihak manapun, itinerary pasti ada.

      Like

  25. Visa Korea aktif kapan ya ? semenjak tanggal visa di approved atau beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan ? dan berapa lama masa aktifnya? Thank you.

    Like

  26. Dear Mbak Wina,

    thanks atas informasinya , bermanfaat sekali .
    saya ingin menanyakan, apakah kartu keluarga yang dilampirkan saat apply visa adalah kartu keluarga “asli” ataukah “fotokopi” ?

    jika asli maka apabila saya mau apply untuk saya sendiri dan Ibu maka saya mau lampirkan dokumen kartu keluarga asli di mana ? Di tpt saya atau Ibu saya ? Thanks

    Thank’s
    Regards
    Yuni

    Like

  27. halo ka saya mau nanya saya mengikuti program di korea yang harus membuat saya untuk tinggal di korea selama 42 hari,dan kebetulan ada invitation letter dari program disananya,menurut kaka saya lebih baik apply visa tou tourism/transit atau bagaimana? terimakasih:)

    Like

    1. Hi Shella, untuk hal ini menurut saya, kamu harus apply visa tipe lain – kalau gak salah ada yang namanya visa untuk kunjungan karena diundang oleh pihak tertentu. Silakan cek ke website embassy dan konsultasikan ke pengundang yah untuk jenis visa nya.

      Like

  28. Hi Wina,
    Thanks buat informasi nya. Aku mau nanya:
    1. KK dan Akta Lahir copy atau asli?
    2. Untuk minta Surat Referensi Bank di BCA apakah harus pakai surat permohonan atau tinggal bilang saja mau minta surat referensi?
    3. Pembayaran visa apakah langsung cash di kedutaan atau ditransfer?
    4. Bagian formulir contact number in Korea maksudnya nomor hp kita pribadi atau orang yang bisa dihubungi di sana seperti no. telpon hotel/host guesthouse?

    Many thanks!🙂

    Like

    1. Halo, berikut tanggapanku ya:

      1. copy aja.
      2. tinggal datang saja ke teller bank terkait dan request untuk dibuatkan surat referensi untuk apply visa. Bawa juga buku tabungan.
      3. cash lebih aman. Setau saya mereka tidak melayani transfer.
      4. cantumkan saja no telp guesthouse atau hotel yang ditempati selama di Korea.

      semoga membantu 🙂

      Like

  29. Hi wina terimakasih saya mau tanya
    1.Apakah visa wisata yg diatas 3 bulan Rp.544.000. ?

    2. Uang deposit 30 juta apakah hrs bca saja?

    3. Mohon di email saya ya
    lembahnangkung12@gmail.c
    om.
    watsuup +60173876103
    terimakasih
    terimakasih

    Like

    1. 1. untuk yang visa wisata diatas 3 bulan, saya kurang mengetahui tarifnya. Silakan dicek langsung pada website kedutaan besar Korea Selatan.

      2. Tidak hanya BCA, bisa menggunakan akun bank lainnya. Setiap bank memiliki aturan tersendiri untuk pengajuan dokumen-dokumen tersebut.

      Like

  30. Hai wina.. Mau tanya, kl untuk copy2 dokumen dan formulir visa nya apakah ada aturan khusus soal size kertas ny?? Atau bebas bisa pake kertas A4 dan F4??

    Thanks yaa

    Like

    1. Ohiya maaf 1 lg, travel insurance termasuk syarat yg diwajibkan saat pengajuan visa ga?? Kebetulan aku kesana ny nanti bln januari.

      Makasii

      Like

Leave a Reply

